Jumat, 28 Oktober 2011

Diet Sehat


DIET SEHAT
Obesitas  atau kegemukan adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai kelebihan berat badan sebanyak lebih dari 20% dari berat badan idealnya. Hal ini menimbulkan dilema yang disertai dengan rasa minder atau kurang percaya diri, karena disamping dapat mengurangi keindahan dan daya tarik tubuh, kegemukan juga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung serta penyakit gula (diabetes melitus). Obesitas  atau kegemukan dapat terjadi apabila kalori yang masuk ke dalam tubuh melebihi kalori yang dibutuhkan untuk akt ivitas sehari-hari. Sebagai akibat kelebihan kalori dan kurangnya akyivitas fisik, maka terjadilah penimbunan lemak di bagian-bagian tertentu dalam tubuh. Penyebab lainnya adalah gaya hidup dan pola makan masyarakat modern yang lebih banyak mengkonsumsi lemak dan tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup.  Oleh karena itu pola hidup sehat sangat penting untuk dilakukan yakni melalui proses diet sehat 
Diet sehat memang cukup sulit untuk diterapkan. Namun demikian, jika mengerti betapa pentingnya menerapkan diet sehat, maka akan dapat menjalankan segala kesulitannya dengan baik. Tubuh yang terlalu kurus maupun tubuh yang terlalu gemuk kedua-duanya merupakan faktor resiko terjadinya penyakit. Cara diet sehat sangat penting untuk diterapkan tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk membuat kondisi kesehatan lebih baik. Diet sehat membuat hidup lebih sehat.
Cara diet sehat sangat beragam. Masing-masing cara diet sehat mempunyai tantangan tersendiri. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil maksimal, ada baiknya anda mencoba salah satunya saja. Mencoba satu cara diet sehat bisa membuat fokus untuk mencapai hasil yang  diinginkan. Setiap kali menerapkan cara diet sehat,  tentu akan menghadapi berbagai tantangan Untuk itu, berkonsentrasi pada satu saja cara diet sehat akan membuat  fokus dan mampu menghadapi  tantangannya dengan baik. Selain itu, menerapkan berbagai cara diet sehat akan membuat kesulitan mengendalikan keinginan  untuk melawan dan pada akhirnya beberapa cara diet sehat yang  terapkan tidak akan berhasil dan  juga akan mengalami masalah kesehatan jika menerapkan cara diet sehat tanpa mengindahkan kemampuan badan. Cara diet sehat tentunya harus diikuti dengan kemauan yang keras. Banyak yang telah mencoba cara diet sehat selama beberapa lama tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan, dalam beberapa kasus, cara diet sehat yang tidak dilakukan dengan disiplin justru akan meningkatkan berat badan berlipat ganda dari semula. Hal ini tentu akan merugikan karena untuk menurunkannya kembali menjadi lebih sulit.
Namun sayangnya banyak diet yang tidak benar, padahal Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam yang dapat membantu kelangsungan diet. Dilihat dari segi geografis, Indonesia sebagai Negara kepulauan dan berada di daerah tropis dengan kondisi akroklimat yang mendukung yakni sebagai Negara penghasil kelapa. Pepohonan kelapa yang berjajar dari sabang sampai merauke menjadi perhatian dunia. Hampir di seluruh kawasan  Indonesia mudah dijumpai pohon kelapa. Pohon kelapa (Cocos nucifera L.) disebut juga pohon kehidupan karena seluruh bagian sari pohon kelapa sangat berguna. Dari akar, batang, daun, bunga dan buah kelapa yang sering dilakukan adalah pengolahan minyak kelapa murni atau sering disebut Virgin Coconut Oil (VOC).
Seiring dengan berjalannya waktu, banyak penelitian yang membuktikan bahwa Virgin Coconut Oil (VOC) tidak hanya berguna dalam kehidupan manusia tetapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Diantaranya, VCO dapat mengatasi obesitas, sehingga nantinya tidak menimbulkan komplikasi berupa penyakit jantung, diabetes, dan penyakit degenerative lainnya. Selain itu VCO dapat  membantu tubuh manusia dalam memperbaiki pencernaan, meningkatkan system kekebalan tubuh, serta mencegah infeksi virus HIV dan SARS. Multifungsi ini tidak dapat ditemukan pada minyak kedelai,minyak jagung, minyak bunga matahari, ataupun minyak hewan melainkan dari minyak kelapa yang disebut VCO.
Multifungsi ini dikarenakan VCO memiliki kandungan asam laurat dan Medium Chain Fatty Acid (MCFA) atau asam lemak jenuh rantai sedang tinggi, yang memudahkan lemak dalam tubuh manusia cepat dimetabolisme sehingga dapat mencegah pemupukan lemak berlebih, yang kemudian menyebabkan terjadi obesitas. Kandungan asam laurat yang tinggi pada VCO sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan percepatan penyembuhan sakit. Orang dewasa membutuhkan asam ini rata-rata 24 gr per hari, yang setara dengan tiga sendok makan VCO, artinya dalam satu hari VCO dapat dikonsumsi sebanyak tiga kali. Selain itu pengkonsumsian VCO ini secara efektif dapat menurunkan berat badan manusia sebesar 5 kg dalam sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar