Jumat, 20 Januari 2012

Tips Travelling & Menghemat Biaya Perjalanan



Siapa bilang kalo travelling butuh biasa yg mahal, sampai" menguras kantong uang tahunan kamu. Gag usah khawatir, berikut aq berikan beberapa tips yang kira" bisa dijadikan reference...
1.Lakukanlah Riset Daerah Wisata sebelum Bepergian
   Hal ini penting banget, liburan kita akan jadi sangat menarik apalagi kalo di daerah wisata yang kita kunjungi sedang ada perayaan hari raya atau festival. Jadinya sekalian jalan" bisa ikut nonton festivalnya deh..Oya sekadar tips juga, kalo mau bepergian ke Bali, inget juga liat kira" ada hari raya apa, jangan sampai kamu ke Bali saat ada hari raya Nyepi, kerasa banget dah liburan kamu cuma bisa di lewatin di kamar Hotel aja, coz saat Nyepi orang Bali melakukan semadhi alias dilarang ke luar rumah. 
2. Pilih harga tiket pesawat
    Biasanya deket hari raya, tiket pesawat sering ada promo, dan yang paling bagus adalah kamu pesen tiket pesawat jauh" hari, dan jangan lupa juga selalu pantau harga tiket pesawat yang satu dengan yang lainnya. Ini akan membantu kamu dalam memilih tiket pesawat & jangan lupa juga yaa kualitas dari maskapai penerbangan tersebut juga harus kamu pertimbangkan, jangan baru dapat harga tiket pesawat murah, trus kamu langsung Ok aja,, Biar gag nyesel nantinya.
3. Tentukan Budget Jalan-jalan kamu 
    Selalu tentukan prakiraan pembiayaan jalan-jalan kamu dan jangan lupa sisihkan sekitar 20-30% untuk keperluan tak terduga. Misalnya kamu mengalami sakit yang membutuhkan pertolongan dengan segera. (pengalaman pribadi: aq pernah kena flu hebat sewaktu jj ke jakarta -_________-")
4. Hindari membawa barang yang berlebih
    Hal ini menjadi sangat penting, selain terhindar dari biaya bagasi, kamupun gag perlu repot-repot buat nunggu chek in barang bagasi dengan antrean penumpang yang segitu banyak (curcol: q hampir jarang naruh barang di bagasi, kalopun barang yg dibawa terlalu banyak, biasanya q manfaatin ruang kabin yang ada dan bawa koper kecil & selalu ditemani dengan tas backpacker aq)
5. Pilih penginapan murah 
    Gag mesti hotel, yang penting layak huni kan?? Hostel juga bisa ato kamu bisa tanya langsung dengan masyrakat sekitar, kira" tempat menginap buat wisatawan yang murah dimana yaa.. Kalo kamu jj-nya bareng keluarga besar, itu mah lain lagi, hotel *** paling sering jadi incaran, selain fasilitas yang boleh dikatakan lengkap juga harganya yang boleh dikatakan masih terjangkau. 
6. Supaya gag tekor gara" makanan
    Yuuuup... makanan itu emang uwda jadi takdir manusia, biar bisa selalu beraktivitas apalagi jj yang cukup menguras tenaga. Selalu bawa makanan & minuman di tas kamu selama bepergian, dan kalo kamu pingin coba makanan khas daerah yg kamu kunjungi, jangan lewatkan setiap dagangan kaki lima yang ada. Jangan pernah makan di cafe atau restoran yang ada, walaupun dari luar sangat menggoda dari desaign cafe tsb ataupun aroma" makanan yg keluar akibat masakan koki restauran itu. Inget juga gag semua dagangan kaki lima berharga 'MURAH' apalagi di daerah wisata, selalu tanya harga dulu yaa sebelum makan (curcol: hampir aja beli makanan di kaki lima dgn harga segudang.. hahaha :D )
7. Transport : Gag perlu khawatir 
    Masalah transport memang selalu menjadi masalah utama dalam jj. Pilihlah transport umum yang tersedia, dan jangan keluarkan uang yang berlebih untuk transport karena seringkali, mentang" kita wisatawan trus diajak muter" dulu, padahal daerah wisata yang ingin kita kunjungi gag jauh" amat. Untuk menghindariny satu-satuny cara praktis yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan kaki sebagai transport utama, selain FREE, juga baik untuk kesehatan. 
8. Sebaiknya ke daerah wisata yang mana 'yaaa? 
    Bener banget, seringkali sampai di daerah wisata kita selalu dibingungin untuk memilih daerah wisata yang mana. Kalo kamu pake paket tur emang gag jadi masalah, karena semua uwda ada schedulenya.. Btw, berdasarkan PP : pengalaman pribadi, paket tur itu gag menjamin kepuasaan kita saat jj, yang ada melelahkan. Lebih baik sih kita sendiri yg merencanakan mau berlibur ke daerah mana. Kalo saran q sama kayak yg di atas, selalu pantau daerah" wisata yang ada, siapa tau kita dapat hiburan gratis, semisal ada festival atau perayaan di daerah yang kita kunjungi, selain dapet hiburan gratis juga dapat mengenyangkan mata dan mengenal budaya daerah setempat, lumayan juga buat foto" (bernarsis ria.. lalalalala~)
9. Belanja buat oleh" Kemanaaaaa? 
   Hindari tourist spot yang ada, coz mahal" harga barang" yang ditawarkan, paling bagus berkunjung ke pasar tradisional yg menjajakan barang" kesenian khas daerah tersebut atau kunjungi artshop terdekat yang menawarkan harga" yang tidak terlalu mahal.
10. Inget Pecah-pecah Uang Kamu
     Ini dimaksudkan bagi kamu yang suka jalan-jalan di seputar daerah wisata dan sering banget hunting barang buat oleh" di pinggir jalan. Apalagi barang yang dijajakan seperti gantungan kunci ato baju kaos. Gag mungkin 'kan kamu langsung nyodorin uang 100rb-an??? Makanya inget bawa pecahan 100rb-anny 'tu.. Mungkin dapat kamu pecah jadi 20 rb, ato bahkan 10rb-an... Keuntungan pecah" uang ini juga bisa kamu manfaatin untuk menghindar dari para pencopet yg sering beroperasi di sekitar daerah wisata. Uang yang tadi kamu pecah, bisa kamu sebar juga tempat buat naruhnya. Bisa ditaruh di kaos kaki, saku jaket / baju, bahkan di dalam daleman yang kamu pakai. Asalkan jangan lupa naruh dimana yaa... Hahaha ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar